Tips Mengusir Tikus Di Rumah Dengan Bahan Alami

Kenali 5 Fakta Demam Lassa, Infeksi Virus yang Ditularkan Tikus

Dapur dan tikus, biasanya tikus-tikus sering bermunculan di dapur untuk mencari makanan. Tikus ialah hewan pengerat yang suka merusak, memakan, mengotori seisi rumah dan yang paling berbahaya dapat membawa penyakit pes. Karena tidak hanya makanan, tikus kerap kali memakan kabel sehingga sering terjadinya listrik konslet yang disebabkan oleh tikus. Oleh karena itu, apabila tikus mulai bermunculan di rumah khususnya dapur, kita harus mencari cara mengusir tikus supaya tidak datang lagi ke rumah. Banyak cara mengusir tikus yang dapat dilakukan, seperti menggunakan lem tikus. Tetapi, apabila tidak mempunyai lem tikus, tentunya dapat mengusir tikus dengan bahan-bahan alami yang sangat mudah didapatkan bahkan beberapa bahan dapat ditemukan di dapur dan tidak perlu merogoh kocek yang sangat mahal. Berikut bahan-bahan alami yang dapat mengusir tikus.

  • Baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat mengusir tikus secara alami, caranya yaitu dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar oleh tikus atau buatlah jebakan makanan yang dicampurkan dengan baking soda. Apabila tikus memakan makanan yang telah dicampurkan oleh baking soda, badan tikus tersebut akan menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Biasanya tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas yang ada di tubuhnya.

  • Lada bubuk

Lada bubuk merupakan bahan masakan yang sangat mudah sekali ditemukan di dapur. Cara mengusir tikus menggunakan lada bubuk yaitu, dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian atau tempat yang selalu didatangi oleh tikus. Senyawa piperin yang terdapat dalam lada bubuk sangat menyengat dan membuat tikus merasa terganggu.

  • Daun mint

Cara yang selanjutnya dapat menggunakan daun mint, karena tikus sangat tidak tahan dengan aroma mint yang tajam yang dapat membuat tubuhnya mabuk dan lemas. Caranya yaitu dengan menyiapkan satu ikat daun mint, lalu ambil sarinya ketika dilarutkan dalam air, setelah itu semprot cairan daun mint tersebut pada area yang selalu dilalui oleh tikus.

  • Buah mengkudu

Selain banyak manfaat untuk tubuh, buah mengkudu juga dapat digunakan untuk mengusir tikus. Caranya yaitu, dengan menghancurkan buah mengkudu lalu dilarutkan pada air. Kemudian,semprotkan larutan tersebut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini akan membuat tikus kabur dari rumah dan tidak berani datang lagi.

  • Kulit buah durian

Memiliki aroma buah yang sangat tajam, membuat beberapa orang tidak menyukai buah durian, ternyata selain manusia, tikus pun tidak menyukai bau buah durian. Kulit buah durian dapat digunakan untuk mengusir tikus, yaitu dengan cara memotong kulit buah durian, lalu letakkan kulit tersebut di tempat persembunyian tikus.

  • Irisan bawang

Bawang merah, putih atau Bombay sama-sama memiliki bau yang sangat menyengat, oleh karena itu bawang dapat digunakan untuk mengusir tikus.Tikus tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini. Cara yang dapat dilakukan untuk mengusir tikus dengan menggunakan bawang, yaitu irislah bawang, lalu letakkan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya.

  • Minyak peppermint

Sama seperti daun mint, tentunya minyak peppermint juga dapat digunakan untuk mengusir tikus. Cukup dengan mencelupkan kapas pada minyak peppermint, kemudian tempatkan kapas yang telah tercampur minyak peppermint itu ke tempat persembunyian tikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *