Seberapa Aman Pinjaman Online Digunakan untuk Dana Darurat?

Bagi keluarga yang sudah melek finansial, utang dan dana darurat seperti dua sisi koin yang berbeda. Namun, ada masa di mana keduanya bisa disatukan dalam satu keranjang yang sama. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika kita harus menggunakan pinjaman online cepat cair terbaru untuk dana darurat.

Pertanyaannya apakah aman menggunakan pinjaman online untuk dana darurat? Dana darurat adalah dana yang memang dibutuhkan dalam kondisi yang tidak terduga nan mendesak. Jika tidak segera dipenuhi makan konsekuensinya akan sangat fatal.

Oleh karena itu, sebenarnya cukup aman jika dana darurat bersumber dari utang. Asalkan dengan beberapa catatan khusus. Idealnya dana darurat tidak diambil dari utang, karena akan menambah beban biaya bulanan.

Namun, dalam kondisi serba darurat itulah, akan sangat wajar jika pada akhirnya menggunakan utang sebagai pengganti sementara dana darurat. Supaya tetap aman, ada beberapa tips penting penggunaan dana darurat dari pinjaman online berikut ini:

1. Cari pinjaman online yang terdaftar di OJK

Karena dana darurat adalah hal yang harus segera dipenuhi, misalnya seperti biaya rumah sakit, biaya pengobatan, atau biaya untuk perbaikan kerusakan kendaraan dan lain sebagainya. Maka, pastikan untuk mencari pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK.

Mengapa harus pinjaman online yang sudah legal? Ada banyak alasan yang justru akan melindungi kamu sebagai konsumen. Pinjaman online yang sudah terdaftar akan tunduk pada aturan OJK yang memang bermaksud untuk melindungi konsumen, mulai dari perlindungan data-data konsumen sampai dengan besaran bunga yang wajar.

Itulah mengapa jangan pernah sesekali mengambil utang dari pinjaman online ilegal yang belum terjamin keamanannya. Akan sangat sulit jika terjadi masalah di kemudian hari terkait dengan utang dari pinjaman online ilegal yang tidak dipayungi hukum yang jelas.

2. Jangan pinjam melebihi batas kemampuan

Hal yang juga sangat penting adalah jangan meminjam melebihi batas kemampuan. Sesuaikan pinjaman dengan kemampuan finansial. Jika terkait dengan kebutuhan keluarga besar, bicarakanlah dengan keluarga agar pinjaman bisa ditanggung bersama sehingga bebannya terbagi-bagi.

Idealnya, pinjaman atau utang tidak melebihi dari sepertiga penghasilan. Maka, tolak ukur yang sangat mudah adalah lihat dulu kemampuan pribadi, barulah mengajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan.

Tentu besaran utang yang akan diajukan sudah harus digabungkan dengan pinjaman yang ada atau pinjaman yang berjalan. Jangan salah memahami bahwa masing-masing utang bisa diajukan sepertiga dari penghasilan. 

3. Pilih yang bunganya rendah dengan tenor singkat

Bagaimanapun pinjaman online cepat cair terbaru bermunculan tiap bulan. Konsumen harus selektif dalam memilih yang legal, berbunga rendah serta tenor yang fleksibel. 

Pinjaman online berbeda dengan KTA ataupun pinjaman konvensional lainnya. Tentu bunga yang ditentukan juga berbeda. Namun, jika mengikuti standar dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), bunga yang ditetapkan tidak boleh lebih dari 0,8% per hari atau maksimal 24% per bulan.

Standar itulah yang bisa dijadikan pegangan mana pinjaman yang memberikan bunga rendah maupun tinggi. Sehingga konsumen bisa lebih cerdas dalam memilih perusahaan yang tepat. Contoh sederhana seperti Kredivo yang menawarkan bunga rendah dengan berbagai value yang memudahkan membernya.

Kredivo adalah salah satu pinjaman online yang sudah cukup lama dan pastinya terdaftar di OJK. Kenapa harus Kredivo? Kredivo punya bunga paling rendah hanya 2,6% saja per bulan. Dengan biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong di awal, kamu tidak perlu repot menyiapkan uang muka untuk pinjaman tunai. 

Selain itu, Kredivo bisa dipakai buat belanja online di berbagai marketplace maupun mitra yang sudah bekerja sama. Buat belanja dengan metode pembayaran dicicil tidak ada biaya admin, hanya perlu bayar bunga dan pokok pinjamannya dengan pilihan tenor 3,6 sampai dengan 12 bulan. Fleksibel banget kan? 

Nah, jika tertarik daftar, pelajari dulu dengan lengkap semua syarat dan ketentuannya yang bisa dilihat dari situs resmi Kredivo.id. Di situs itu, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi secara transparan. Tidak ada yang ditutupi sehingga debitur bisa paham risiko dan keuntungannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *