Berikut Cara Registrasi Kartu XL

Kode Registrasi Kartu Perdana, Indosat, Smartfren, Tri, XL, Telkomsel -  Tribun Jogja

Melalui Peraturan Menkominfo Nomor 12 tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, pemerintah mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. 

Untuk melakukan proses registrasi ini, calon pelanggan dan pelanggan lama perlu mempersiapkan identitas diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) sebagai alat validasi.

Adapun tujuan dari registrasi kartu prabayar ini adalah untuk melindungi pelanggan dari penyalahgunaan data dan hal-hal yang merugikan lainnya. Selain itu, juga dapat memberikan kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan. 

Setiap operator seluler memiliki cara registrasi kartu prabayarnya sendiri, begitupun dengan XL Axiata.

Cara Registrasi Kartu Prabayar XL

Cara Registrasi Kartu XL via SMS untuk Pelanggan Baru

Cara registrasi kartu XL pelanggan baru sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan aplikasi pesan. Lalu kirimkan pesan dengan format tertentu ke nomor 4444.

Untuk pelanggan kartu XL yang baru, anda dapat mengirim pesan dengan format DAFTAR#NIK>NomorKK dan kirim ke 4444. 

Cara Registrasi Kartu XL via SMS untuk Pelanggan Lama

Selain pelanggan baru, pelanggan lama kartu XL juga perlu melakukan registrasi. Sama halnya dengan pelanggan baru, anda juga harus menyiapkan aplikasi pesan dan data yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Akan tetapi, format yang akan dikirimkan pelanggan lama berbeda dengan yang baru. Dimana, pelanggan lama harus mengirimkan pesan teks (SMS) dengan format ULANG#NIK#NomorKK ke 4444. 

Usai melakukan registrasi, data akan akan divalidasi terlebih dahulu. Proses validasi ini merupakan bagian dari registrasi kartu prabayar. Dalam proses validasi ini data identitas yang anda kirim akan divalidasi dengan yang terdapat di Ditjen Dukcapil. Proses validasi ini biasanya akan memakan waktu paling lama 1×24 jam. 

Namun, jika mengalami kesulitan dalam registrasi, maka anda bisa coba menghubungi Call Center XL ke 817. 

Paket Kuota XL

Setelah proses registrasi berhasil, otomatis anda sudah bisa menggunakan HP sebagaimana mestinya, misalnya untuk browser internet. Untuk dapat mengakses internet tentunya anda membutuhkan kuota. Nah, bagi anda pelanggan kartu XL yang membutuhkan paket kuota keluarga, berikut Paket kuota yang bisa anda gunakan.

XL XTRA Conference dan XL Edukasi

Akibat pandemi Covid-19 membuat para pekerja kantoran dan pelajar untuk melakukan aktivitas dari rumah. Sehingga pekerja harus bekerja di rumah dan para siswa belajar di rumah.

Untuk menanggapi hal itu, XL menghadirkan paket untuk video conference dan juga kegiatan belajar. Dua paket tersebut yakni Xtra Conference dan Xtra Edukasi.

Paket Xtra Conference

Benefit KuotaMassa AktifHarga
15 GB (Promo)30 hariSudah tidak tersedia
2 GB1 hariRp 2.000 (turun dari Rp 4.000)
5 GB3 hariRp 4.000 (turun dari Rp 8.000)
15 GB7 hariRp 10.000 (turun dari Rp 20.000)

Paket yang satu ini bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Microsoft Teams, Zoom, Google Hangout, Google Meet, dan Google Classroom.

Paket Xtra Edukasi

Benefit KuotaMassa AktifHarga
15 GB (Promo)30 hariSudah tidak tersedia
2 GB1 hariRp 1.000 (turun dari Rp 2.000)
5 GB3 hariRp 2.500 (turun dari Rp 5.000)
15 GB7 hariRp 7.500 (turun dari Rp 15.000)

Ada berbagai situs dan aplikasi yang bisa anda akses dengan menggunakan kuota Xtra Edukasi ini, beberapa diantaranya adalah Rumah Belajar Kemendikbud, Spada Indonesia Kemendikbud, aplikasi Ruang Guru, aplikasi Zenius, dan aplikasi Sekolahmu.

Bukan hanya itu, tersedia juga 39 situs Universitas di Indonesia yang juga menggunakan paket kuota yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *