3 Cara Shalat Tarawih Di Rumah Bagi Wanita

Doa Sesudah Salat Tarawih Lengkap dengan Artinya

Wanita berbeda dengan laki laki dalam masalah beribadah, dimana mereka para wanita tersebut lebih afdal melakukan ibadah di rumah, termasuk saat akan shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka akan diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Biasanya shalat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid, tetapi bagaimana hukumnya saat seorang wanita mengerjakan shalat tarawih di rumah? Rasulullah SAW bersabda : “Sholatnya wanita di kamarnya, lebih afdhal daripada sholatnya di ruang keluarga rumahnya. Sholatnya wanita di kamar khususnya (tempat simpanan barang berharganya) lebih utama dari sholatnya di kamarnya”. (HR. Abu Dawud).

Wanita memang pada dasarnya jauh lebih afdhol melakukan shalat tarawih di rumah supaya terhindar dari fitnah. Tetapi para wanita harus tetap memperhatikan tata cara pelaksanaan shalat tarawih di rumah, karena adanya sedikit perbedaan. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan saat wanita ingin melaksanakan shalat tawarih di rumah. Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

  1. Shalat Sendiri

Tata cara shalat tarawih di rumah bagi wanita sama seperti shalat tawarih pada umumnya. Niat yang dibaca saat seorang wanita shalat tarawih sendiri di rumah adalah : Ushallu Sunnatat tarawihi ra’atayni mustaqbilal qiblati ada’an lillahi ta’ala. Jika seorang wanita yang melaksanakan shalat tarawih di rumah sendirian dan hanya mampu menghapal surat yang tidak terlalu panjang, maka dirinya diperbolehkan melakukannya dengan shalat dua rakaat.

Para Ulama Lajnah mengatakan : “Shalat taraweh sebelas atau tiga belas rakaat. Salam pada setiap dua rakaat dan witir satu rakaat itu yang lebih utama. Karena mencontoh Nabi sallallahu alaihi wa sallam. Siapa yang shalat dua puluh rakaat atau lebih, maka hal itu tidak mengapa.

Berdasarkan sabda Nabi sallallahu alaihi wa sallam : “Shalat malam itu dua dua, kalau salah seorang diantara kalian khawatir subuh, maka shalat satu rakaat, sebagai witir baginya dari apa yang telah ditunaikan shalatnya.”

  1. Shalat Jamaah Sesama Wanita

Melakukan shalat tarawih di rumah tidak hanya bisa dilakukan sendiri saja, tetapi juga bisa dilakukan berjamaah dengan sesama perempuan. Tetapi aturannya sedikit berbeda dengan shalat berjamaah biasa, dimana wanita yang menjadi imam berdiri ditengah barisan shaf. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan Imam Al Baghowi dalam kitab At Tahzib fi Fiqhil Imam As-Syafii : “Sunahnya imam wanita berada di tengah tengah barisan shof, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dalam melalui sanad yang shahih bahwa Aisyah dan Ummu Salamah pernah mengimami sholat jama’ah wanita, mereka berdiri ditengah tengah barisan shof”.  Selebihnya sama saja dengan pelaksanaan shalat tarawih berjamaah pada umumnya.

  1. Shalat Jamaah Bersama Suami Atau Kerabat Laki Laki

Jika wanita ini melaksanakan shalat tawarih berjamaah bersama laki laki, maka wanita tersebut sebagai makmum berdiri dibelakang imam. Tetapi tetap saja laki laki itu lebih diwajibkan untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid. Shalat berjamaah memang lebih dianjurkan, meski sekalipun melakukannya di rumah. Dari Abu Dzar RA beliau berkata : “Rasulullah SAW bersabda, siapa yang shalat bersama imam sampai selesai, maka ia dicatat pahala mengerjakan shalat semalam suntuk (semalam penuh).” (HR. Tirmidzi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *