Inilah Keutamaan Dalam Puasa Asyura Yang Harus Kamu Ketahui

Doa Niat Puasa dan Jadwal Imsak di Hari ke-26 Puasa Ramadan 1441 H  

Sejatinya Muharram adalah salah satu bulan istimewa yang dimuliakan oleh Allah SWA. Pada bulan ini, kita sebagai umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan dan ibadah. Ya, salah satunya adalah puasa Asyura, atau puasa di hari ke 10 Muharram. Anjuran untuk berpuasa di hari ke 10 ini dikarenakan pahalanya sangat besar.

Menurut informasi yang di dapat, salah satu keutamaan puasa Asyura yang jatuh pada hari esok itu adalah dihapuskannya dosa-dosa 1 tahun yang lalu. Tentu saja momen tersebut sangat sayang untuk kita lewatkan. Adapun mengenai penjelasan perihal penghapusan dosa-dosa setahun lalu tersebut, yang diungkapkan dalam hadist puasa Asyura. 

Abu Qotadah Al Anshory berkata, “Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya tentang keistimewaan puasa Asyura? Beliau Menjawab, “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162). 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulah Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam,” (HR. Muslim no. 1163). 

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa ketika Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukan puasa hari Asyura dan memerintahkan umat Islam untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata:

“Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani”. kemudian beliau menjawab. Apabila tiba tahun depan – Insha Allah (jika Allah menghendaki) – kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” 

Ibnu Abbas berkata: “Belum sampai tahun depan, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sudah keburu meninggal dunia.” (HR Muslim no. 1134)

Lalu, mengapa sebaiknya menambahkan dengan hari ke-9 untuk berpuasa? Para ulama berpendapat, bahwa maksudnya itu adalah untuk menyelisihi oran-orang Yahudi yang hanya melakukan puasa pada anggal 10 Muharram saja. 

Tak hanya memiliki keistimewaan yang utama tadi, ternyata masih banyak peristiwa penting yang terjadi di balik puasa Asyura. 

Sejarah Penting ASyura

Menurut Badaruddin al’ Aini dalam kitab Umdatul Qari Syarah Shahih Bukhari juz 11 halaman 117, yang menjelaskan bahwa di hari ASyura itu Allah telah memberikan kemuliaan dan kehormatan kepada sepuluh nabi-Nya yaitu:

  1. Kemengangan Nabi Musa atas Fir’aun
  2. Pendaratan kapal Nabi Nuh setelah bumi ditenggalamkan selama 6 bulan
  3. Keselamatan Nabi yunus dengan keluar dari perut ikan
  4. Ampunan Allah untuk Nabi Adam AS
  5. Keselamatan Nabi Yusuf dengan keluar dari sumur pembuangan
  6. Kelahiran Nabi Isa AS
  7. Ampunan Allah untuk Nabi Dawud
  8. Kelahiran Nabi Ibrahim AS
  9. Nabi Ya’qub dapat kembali membuka kedua matanya (bisa melihat)
  10. Ampunan Allah untuk Nabi Muhammad, baik kesalahan yang telah lampau maupun yang akan datang. 

Disamping itu, beberapa ulama juga menjelaskan bahwa beberapa keistimewaan para Nabi di hari Asyura, diantaranya adalah kenaikan Nabi Idris menuju tempat di langit, kesembuhan Nabi Ayub dari penyakit, dan pengangkatan Nabi Sulaiman menjadi seorang raja. 

Setelah mengetahui sebegitu istimewanya hari Asyura, tentu saja kita kita sebagai umat Islam harus lebih bersemangat lagi dalam menjalankan ibadah puasa Asyura 10 Muharram, serta menjadikannya sebagai momen untuk meniru akhlak-akhlak milia dari para Nabi-nabi Allah. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *