Penyakit Vagina Bisa Picu Penyakit Keputihan serta Gatal

 

Mungkin anda sebagai kaum hawa awam mendengar penyakit vagina. Mulai dari rasa gatal, rasa sakit, sensasi panas atau perih, ada pendarahan diluar haid dan keluarnya cairan vagina yang tidak wajar atau penyakit keputihan merupakan keluhan yang diakibatkan penyakit vagina. Keluhan-keluhan tersbeut bisa saja menjadi penyakit yang berbahaya, diantaranya

Infeksi jamur merupakan penyebab paling sering dari peradangan vagina atau biasa disebut vaginitis. Normalnya ada jenis-jenis jamur bernama candida yang emmang hidup dalam jumlah kecil di vagina. Jamur tersebut tidak berbahaya bila jumlahnya sedikit. Namun dalam kondisi tertentu jamur candida dapat tumbuh secara berlebihan dan menimbulkan infeksi vagina. 

Bahkan bagi wanita muda bisa menyebabkan penyakit keputihan yang berlebihan dan bisa juga bagi wanita yang sudah menikah mengakibatkan perubahan kadar hormon misalnya hamil dan atau akibat menggunakan pil KB. Sementara gangguan medis yang beresiko menyebabkan jamur candida berkembang dalam jumlah yang berlebihan adalah kadar gula darah tinggi dan penyakit yang meganggu sistem kekebalan tubuh HIV/AIDS.

Selain  karena jamur bisa juga disebabkan karena bakteri atau yang disebut bacterial vaginosis. Di dalam vagina terdapat sekelompok bakteri baik yang disebut lactobacill. Saat jumlah bakter tersebut menurun bisa memicu penyakit vagina yang disebut bacterial vaginosis. Belum diketahui apa yang membuat jumlah bakteri lactobacilli berkurang namun penurunan ini akan membuat jenis bakteri lainnya tumbuh semakin banyak. Yang palings erring menimbulkan gejala-gejala infeksi adalah jumlah bakteri gardnerella melebihi jumlah bakteri lactobacilli.

Selanjutnya ada penyakit klamidia vaginitis klamidia disebabkan oleh bakteri dan penyakit ini dapat memicu gejala peradangan pada vagina. Pada tahap awal infeksi ada perempuan yang mengalami gejala keputihan abnormal dan ada yang tidak merasakan gejala sama sekali. Hati-hati ya girls. Infeksi klamidia di vagina sudah menyebar ke leher rahim biaanya akan muncul perdarahan diluar siklus menstruasi atau perdarahan setelah melakukan hubungan seksual secara virginal. Perempuan yang telat aktif secara seksual sebaiknya melakukan tes rutin setahun sekali. Langkah ini bertujuan mendeteksi infeksi klamidia karena penyakit vagina itu keap tak bergejala.

Dan perlu diingat jika tidak diobati dalam jangka waktu yang lama klamidia bisa mempertinggi resiko terganggunya kesuburan atau fertilitas penderita nya. Trichomoniasis adalah penyakit vagina yang menular lewat hubungan seksual disebut trichomonas vaginitis, penyakit ini disebabkan oleh parasite bersel tunggal bernama trichomonas vaginalis. Gejala infeksi menular seksual ini sama dengan infeksi lainnya ada vagina.

Mulai dari iritasi, rasa sakit dan panas kemerahan atau pembengakakn vulva sehingga keluar cairan abnormal dari vagina dan bisa mengalami penyakit keputihan yang berwarna kuning kehijauan dan memiliki bau amis. Dan yang paling berbahaya adalah kista vagina. Penyakit ini memiliki keluhan rasa sakit serta tidak nyaman bisa juga disebabkan oleh adanya kista yang terbentuk di dinding vagina. Kista vagina adalah semacam kanting di dinding vagina yang bisa berisi udara,nanah atau jaringan perut.

Aada beberapa jenis kista yaitu kista bartholin, kista duktus gartner, kista endometriosis, dan kista inklusi vagina. didalam kista ada kista yang ukurannya cukup besar dan menimbulkan rasa sakit namun sebagian kista vagina hanya berupa benjolan kecil yang tidak menimbulkan keluhan. Harus diwaspadai karena bisa saja penyakit keputihan yang berlebihan dapat memicu semua penyakit vagina diatas. 

Sumber gambar :merdeka.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *