Ini Dia Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Morning Sickness

Mom, 7 Cara Mudah Ini Ampuh Mengatasi Morning Sickness

Terjadinya kehamilan merupakan sebuah perjalanan yang sangat luar biasa, tetapi datangnya mual yang sering terjadi di pagi hari akan membuat ibu hamil merasa sangat tidak nyaman. Sekitar 70 % wanita hamil di awal kehamilannya akan mengalami mual dan sekitar 50 % nya akan mengalami muntah. Hal ini merupakan kondisi yang wajar terjadi dan akan sangat bervariasi. Kebanyakan wanita hamil akan merasakan sakit sepanjang hari, sebagian besarnya akan merasakan sakit di malam hari, dan beberapanya akan merasakan sakit ketika kurang tidur. Akan terjadinya morning sickness yang akan dimulai sejak kehamilan berusia 6 minggu dan cenderung akan mencapai puncak hingga sekitar minggu yang kedelapan dan kesembilan. 

Morning sickness adalah sebuah masa yang ditandai dengan munculnya perasaan ingin mual dan muntah yang akan terjadi di awal masa kehamilan. Morning sickness tidak akan dialami oleh setiap ibu hamil, terjadinya kondisi seperti ini dikatakan orang jika sedang tumbuh dan berkembangnya otak bayi. Ada banyak faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami morning sickness. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya morning sickness diantaranya yaitu : 

  • Terjadinya Perubahan Hormon

Morning sickness terjadi pada ibu hamil karena didalam tubuh ibu telah terjadi perubahan hormon. Akan berbedanya hormon yang dimiliki oleh wanita hamil dan wanita tidak hamil. Adanya beberapa hormon yang meningkat pada saat wanita sedang hamil sehingga menyebabkan terjadinya morning sickness. 

  • Indera Penciuman Sensitivitasnya Meningkat

Sensitivitas indera pada bagian tubuh ibu hamil akan meningkat, terlebih pada indera penciumannya. Meningkatnya sensitivitas indera penciuman ibu hamil terjadi karena meningkatnya hormon estrogen didalam tubuh.

  • Sistem Imun

Terjadinya reaksi yang disebabkan oleh sistem imun juga akan menyebabkan ibu hamil mengalami mual muntah. Ibu hamil sistem imun pada tubuhnya akan melakukan penolakan terhadap sel sel plasenta. Tumbuh dan berkembangnya sel plasenta didalam tubuh ibu hamil akan dianggap asing dan menjadi sesuatu yang membahayakan tubuh. Terjadinya reaksi penolakan terhadap sel plasenta inilah yang akan menyebabkan ibu hamil mengalami mual dan muntah. 

  • Berubahnya Sistem Metabolisme Tubuh 

Terjadinya morning sickness juga dikarenakan berubahnya sistem metabolisme didalam tubuh ibu hamil. Berubahnya metabolisme ini akan terjadi di trimester yang pertama, dimana ibu hamil akan merasakan mual dan muntah. 

  • Mengalami Stres

Mual dan muntah juga akan dirasakan ibu hamil pada saat tidak bisa mengendalikan stresnya. Hal ini dikarenakan semua organ yang ada didalam tubuh ibu hamil akan bereaksi negatif pada saat sedang stres. Oleh karen itulah minimalisirlah rasa stres jika tidak ingin mengalami morning sicknes.   

  • Enzim Mengalami Gangguan

Didalam tubuh ibu hamil biasanya akan mengalami gangguan enzim. Biasanya ibu hamil akan mengalami gangguan enzim berupa penyakit asam lambung. Terjadinya gangguan enzim ini akan menyebabkan pergerakan makanan didalam usus akan melambat sehingga lambung akan lebih lama kosong. Hal ini tidak boleh terjadi pada ibu hamil yang mengalami asam lambung, karena lambung kosongnya lama maka akan menyebabkan ibu hamil mengalami rasa lapar dengan waktu yang cukup lama. Kondisi inilah yang nantinya akan menyebabkan ibu hamil mengalami mual muntah selama kehamilannya.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya morning sickness. Selain itu masih ada faktor yang lainnya seperti perasaan tertekan, mengkonsumsi makanan tertentu, mengkonsumsi makanan yang mengandung gas, dan kekurangan vitamin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *