4 Ciri Khas Tahun Baru Imlek

Ini Lho 10 Tradisi Imlek di Berbagai Kota Indonesia!

Tahun Baru Cina, juga dikenal sebagai Tahun Baru Imlek atau Festival Musim Semi, adalah festival paling penting di Tiongkok. Ini juga merupakan perayaan paling penting bagi keluarga dan satu minggu libur umum resmi. Tahun Baru Imlek 2020 jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020, dimulai sebagai tahun Tikus. Hari libur umum China adalah 24-30 Januari 2020. Tanggal Tahun Baru Imlek ditentukan oleh kalender lunar, hari libur jatuh pada bulan baru kedua setelah titik balik matahari musim dingin pada 21 Desember. Dengan demikian, setiap kali Tahun Baru di Cina jatuh pada tanggal yang berbeda dari kalender Gregorian biasa, antara 21 Januari dan 20 Februari. Tahun Baru Imlek juga biasa disebut sebagai festival musim semi meskipun sebagian besar daerah di Cina sedang dalam musim dingin, karena itu dimulai dari Awal Musim Semi (yang pertama dari dua puluh empat istilah berkoordinasi dengan perubahan Alam) dan menandai akhir musim dingin dan awal musim semi. Festival Musim Semi menandai tahun baru dalam kalender lunar dan mewakili keinginan untuk kehidupan baru. Dalam astrologi Cina populer Tahun Baru Imlek itu sangat pentin bagi orang-orang Cina, tahun dimulai pada Tahun Baru Imlek, bukan 1 Januari. Imlek tahun ini menjadi Tahun Tikus, dimana istilah ini diambil dari horoskop Cina yang setiap tahunnya berbeda, seperti tahun 2021 nanti merupakan Tahun Kerbau.

Ada 4 hal yang lekat dengan tahun baru cina, hal hal ini sangat kental dengan nuansa tahun baru Imlek seperti angpao, kembang api, dekorasi serba merah, dan tentunya quality time dengan keluarga serta kerabat terdekat. Untuk lebih jelasnya lagi, kami telah merangkum hal hal tersebut dibawah ini :

  1. Dekorasi Imlek
    Setiap jalan, bangunan, dan rumah tempat Festival Musim Semi dirayakan dengan warna merah. Merah adalah warna utama untuk sebuah festival, karena merah diyakini sebagai warna keberuntungan. Lentera Cina merah menggantung di jalanan, untaian merah ditempel di pintu, bank dan gedung-gedung resmi dihiasi dengan gambar Tahun Baru merah yang menggambarkan gambar kemakmuran. Sebagian besar dekorasi publik dilakukan sebulan sebelumnya, tetapi dekorasi rumah secara tradisional dilakukan pada Malam Tahun Baru Imlek. Karena tahun 2020 akan menjadi ‘Tahun Tikus’, dekorasi yang terkait dengan tikus akan seringkali anda lihat.
  2. Family Time

Tahun Baru Imlek adalah waktu bagi keluarga untuk bersama. Malam Tahun Baru Imlek adalah waktu yang paling penting. Di mana pun mereka berada, orang-orang diharapkan berada di rumah untuk merayakan festival bersama keluarga mereka. Makan malam Tahun Baru Cina disebut ‘makan malam reuni’, dan diyakini sebagai kegiatan makan bersama paling penting tahun ini.

  1. Petasan dan Kembang Api
    Sudah menjadi tradisi Cina sedari dulu untuk menyalakan petasan sejak menit pertama tahun baru mereka. Kembang api juga dinyalakan untuk menambah kemeriahan. Dari pameran publik di kota-kota besar hingga jutaan perayaan pribadi di daerah pedesaan Cina, menyalakan petasan dan kembang api adalah perayaan yang tak tergantikan.
  2. Hadiah dan Angpao
    Hadiah Tahun Baru Imlek yang paling umum adalah amplop merah atau biasa disebut Angpao. Amplop merah tersebut berisikan uang, dan diyakini membawa keberuntungan karena warna nya yang merah. Angpao tersebut diberikan kepada anak-anak dan pensiunan. Biasanya juga seorang atasan akan memberikan amplop merah kepada para pekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *